Bersama LPBI-NU Lobar , Pemdes Mekarsari Gelar Geladi Ruang SOP Penanggulangan Bencana

  • Aug 14, 2022
  • Admin Desa Mekarsari

Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU PBNU) menyelenggarakan kegiatan gladi ruang mitigasi gempa bumi untuk desa mekarsari yang merupakan salah satu Mitra LPBI didelapan kabupaten Kegiatan PKMM-CBA.

Kegiatan ini dalam rangka penguatan para aktor yang terlibat dalam SKPDB dan Masyarakat Desa Mekarsari dalam memahami berbagai hal terkait mitigasi kebencanaan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Mekarsari 13 Agustus 2022.

Mbah Darmo Selaku Fasilitator Kegiatan Gladi Ruang/TTX dari LPBI-NU Pusat menjelaskan,  Aktor SKPDB perlu memahami sistem peringatan atau informasi dari pihak Terkait. Karna Pulau Lombok diapit oleh subduksi lempeng Australia di bagian selatan dan patahan Flores di bagian utara.

Patahan Flores ini memanjang barat-timur dari sebelah utara Pulau Bali hingga sebelah utara pulau-pulau di Nusa Tenggara. Akibat tekanan yang diberikan oleh subduksi Lempeng Australia di Selatan Pulau Lombok, maka patahan Flores yang telah lama terbentuk mengalami reaktivasi, yaitu pergerakan kembali secara tiba-tiba yang mengakibatkan guncangan dahsyat di Pulau Lombok.

Saat ini, gempa bumi masih sulit diprediksi kapan, dimana dan seberapa besar bahkan oleh negara maju sekalipun, namun kecenderungan dari gempa bumi itu akan terus terulang.

Hasil dari Geladi ruag itu adala SOP penanggulangan bencana gempa bumu desa mekarsari, dan nantinya SOP tersebut akan di jadikan acuan penanganan bencana gempa bumi di desa Mekarsari.

Sapinah, Kepala Desa Mekarsari mengatakan, “Kerjasama yang kami lakukan dengan LPBI-NU 2 tahun terakhir, telah banyak membantu pemerintah desa, terutama dalam penanganan Covid-19. Dan yang paling kami syukuri, kerjasama ini telah  menghasilkan 2dua dokumen penting bagi desa mekarsari dalam penanggulangan bencana yaitu dokumen Kajian resiko bencana (KRB) dan SOP penangan bencana”. tegas Sapinah.

Sementara Ubaidillah Sadewa (pengurus PP LPBI-NU) yang juga turut hadir menegaskan, kerjasama LPBI-NU dengan desa Mekarsari sudah berlangsung selama 2 tahun, dan mudah-mudahan kerjasama ini akan terus berlanjut hingga 2024″. tegasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kabid PK & Kesiapsiagaan Kabupaten Lombok Barat Tohri S. IP, Perwakilan BPBD Provinsi NTB Oman Somantri, S. hut, M. Si, turut hadir peserta dari BPD ,Babinsa, Kepala Dusun, Kaur & Kasi, dan Lembaga yang ada di desa Mekarsari, serta perwakilan Puskesmas Narmada. (rocki)