LAUNCHING DAPUR SEHAT ATASI STUNTING (DASHAT) DAN PEMBENTUKAN & PENGUKUHAN KAMPUNG KB BERKUALITAS

  • Oct 21, 2022
  • Admin Desa Mekarsari

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melakukan Launching Dapur Sehat atasi stunting dan pembentuka  dan pengukuhan Kampung KB Berkualitas, Bertempat di Taman Desa Mekarsari Kecamatan Narmada, Kamis 20 Oktober 2022.

Acara tersebut langsung dihadiri oleh Sekda Kabupaten Lombok Barat  H. Ilham dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, Kepala DPMD,  Kepala DP2KBP3A,  TP PKK Kabupaten Lombok Barat dan  OPD terkait lainnya, Camat Narmada dan Kepala Desa Se-Kecamatan Narmada.

Kegiatan Launching ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Lombok Barat, inisiatif ini diambil untuk menurunkan angka Stunting, dalam sambutannya Kepala Desa Mekarsari menyampaikan metode yang dilakukan oleh Desa Mekarsari dalam menangani kasus Stunting yaitu pada tahun 2019 mempunyai angka Stunting tinggi yaitu 35%.

Kemudian Pemerintah Desa saat itu melakukan konsultasi ke pihak Puskesmas Narmada, setelah berkonsultasi akhirnya Pemdes bersama kader Posyandu berinisiatif untuk membuat Dapur Stunting yang dinamakan Kelas Menuju Penurunan Angka Stunting yg disingkat Keju Penting dan penurunannya dapat mencapai 20% di Tahun 2021.