Geografis Desa Mekarsari

Keadaan  Sosial

  1. Sumber Daya AlamPotensi sumber daya alam di Desa Mekar Sari meliputi sumber daya alam non hayati yaitu : air, lahan, dan udara, sedangkan sumber daya alam hayati yaitu perkebunan, flora dan fauna.  Khususnya tataguna dan intesifikasi lahan yang ada di Desa Mekar Sari  sebagai berikut :
  • Persawahan seluas                            :  75  Ha.
  • Perkebunan  seluas                           :  5   Ha
  • Permukiman seluas                           :  6   Ha
  • Perkantoran/Fasilitas umum seluas :  1   Ha                                                                                                               
    • Sumber daya air di Desa  Mekar Sari terdiri dari air tanah (akifer) termasuk mata air dan air permukaan. Berdasarkan atas besaran curah hujan pertahun, hujan lebih dan evapotranspirasi tahunan yang akan berpengaruh terhadap air meteorologis sesuai dengan gradasi sebaran curah hujan

 

  1. Sumber Daya Manusia

Desa  Mekar Sari terdiri dari 6 dusun yaitu :

1. Dusun Karang Kates

2. Dusun Tempit

3. Dusun Kebon Beleq

4. Dusun Karang Luah

5. Dusun Pemangket

6. Dusun Nyangget

Untuk lebih akuratnya kondisi potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh Desa  Mekar Sari sebagai berikut :

 Jumlah Penduduk, sebanyak : 1877 jiwa, dengan rincian :

  • Laki-laki
  • Perempuan
  • Kepala Keluarga

:

:

:

1164

1076

693

Jiwa

Jiwa

KK

 

      1. Keadaan Ekonomi.

Desa  Mekar Sari adalah salah satu desa berkembang. Dan bila melihat dari kondisi mata pencaharian masyarakat saat ini, maka mata pencaharian penduduk sudah mulai begeser dari sektor primer ke industri, penerapan tekhnologi pada usaha pertanian, kerajinan dan sektor skunder mulai berkembang. Meskipun dalam pendataan terakhir mengindikasikan adanya perkembangan ditingkat ekonomi masyarakat, akan tetapi dari 693 Kepala Keluarga yang ada,  sebanyak ............. KK masih tergolong miskin atau berdasarkan prosentase sekitar ..... % masih tergolong tidak mampu (sumber data Jamkesmas dan Jamkesda) itupun masih banyak kepala keluarga yang mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu untuk mendapatkan rekomendasi pembebasan dari biaya di Rumah Sakit atau untuk pendidikan anaknya. Dengan hal tersebut menunjukkan masih lemahnya kondisi ekonomi masyarakat karena disamping IPM masyarakatnya masih rendah juga disebabkan sumber mata pencaharian dan angkatan kerja juga masih rendah.