Bimbingan Teknis Aplikasi Epdeskel & Sipades Perangkat Desa Se-Kecamatan Narmada

  • May 31, 2023
  • Admin Desa Mekarsari

Pentingnya peningkatan Kapasitas untuk Perangkat Desa dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat membuat Forum Sekretaris Desa se-Kecamatan Narmada menginisiasi terlaksananya Pelatihan Peningkatan Kapasitas bersama untuk Perangkat Desa se-Kecamatan Narmada, terlebih dalam era digital saat ini menuntut Perangkat Desa untuk melakukan transformasi pelayanan digital kepada warga masyarakat.

Selama dua hari dari tanggal 30 sampai 31 Mei 2023 Forum Sekdes Kecamatan Narmada menggelar pelatihan bersama dengan mengangkat tema Bimbingan Teknis Aplikasi Epdeskel dan Sipades. belangsung di Hotel Lombok Garden, jalan Bung Karno Mataram.

Menurut Abdul Satar, Ketua Forum Sekdes Kecamatan Narmada, pelatihan bersama ini di ikuti oleh 17 desa dari 21 desa yang ada di Kecamatan Narmada, dan materi Aplikasi Epdeskel dan Sipades di pilih karena kedua aplikasi ini yang saat ini dibutuhkan oleh desa.

Aplikasi Epdeskel merupakan Aplikasi yang diluncurkan oleh Kemendagri berdasarkan Permendagri 81 tahun 2015. Epdeske merupakan singkatan dari evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, aplikasi ini dihajatkan agar desa bisa melakukan evaluasi secara mandiri dengan menggunakan aplikasi.

Kemudian Aplikasi Sipades merupakan singkatan dari Sistem Pengelolaan Aset Desa adalah aplikasi yang akan memudahkan pemerintah desa dalam mengelola aset desa, seperti di ketahui saat ini pengelolaan aset oleh pemerintah desa masih menggunakan sistem pencatatan manual, sehingga nantintya saat desa sudah menggunakan aplikasi dalam mengelola aset pasti akan lebih mudah dan cepat.

Hal itu yang di jelaskan oleh Abdul Satar saat menyampaiakn laporan di pembukaan pelatihan yang di hadiri oleh Camat Narmada M. Busyairi dan Ketua Forum Kades Narmada yang di wakili Oleh Yuni Hariseni Kepala Desa Sesaot. Selain itu hadir juga 34 peserta pelatihan yang berasal dari 17 Desa yang terdiri dari Sekdes dan Kaur tata usaha dan umum.

Sementara M. Busyairi selaku Camat Narmada memberikan apresiasi kepada forum sekdes yang sudah menjadi motor penggerak sehingga pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh desa bisa terlaksana dengan baik, Busyairi berpesan agar perangkat desa se-Kecamatan Narmada tetap menjaga kekompakannya, dan kedepan agar lebih banyak lagi pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti ini, tegas Camat Narmada sambil mengakhiri sambutannya dengan ketok palu pertanda membuka acara tersebut.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut, menghadirkan narasumber dari Dinas PMD Dukcapil Provinsi NTB dan Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat.