Dinas PMD Kabupaten Kutai Timur Study Tiru Ke Desa Mekarsari

  • Aug 30, 2023
  • Admin Desa Mekarsari

Sejak awal tahun 2023, tidak henti-hentinya Pemerintah Desa Mekarsari menerima kunjungan dari rombongan study tiru berbagai daerah, mulai dari yang lokal sekitar Provinsi NTB maupun dari luar daerah. 

Hari Selasa, 29 Agustus 2023 kembali Pemdes Mekarsari kedatangan rombongan study tiru dari Dinas PMD Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur, rombongan yang berjumlah  10 orang terdiri dari Kapala Bidang dan Kasi di lingkungan Dinas PMD Kutai Timur. Study tiru tersebut terkait masalah pengelolaan pemerintah desa, keuangan desa dan aset desa.

Kepala Desa Mekarsari Sapinah menegaskan, "Desa Kami (mekarsari) sering sekali menadapatkan kunjungan dari berbagai daerah baik dari Pemerintah Desa, Kecamatan bahkan Pemerintah Daerah yang ingin tahu lebih detail bagaimana cara Pemerintah Desa Mekarsari mengelola desa sehingga seperti saat sekarang ini".

Setiap kali kedatangan ronbongan yang ingin belajar kepada desa Mekarsari, Kepala Desa dua Periode itu selalu mengawali dengan menjelaskan profil singkat tentang desa yang dipimpinnya.

Diawali dengan pemutaran video singkat tentang profil desa, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan lebih jauh tentang tata kelola pemerintahan desa sehingga Desa Mekarsari bisa mencapai juara hingga tingkat Nasional.

Beberapa perwakilan rombongan menggali lebih jauh melalui forum diskusi, menurut mereka yang menarik dari desa mekarsari adalah bisa mengelola dan memanfaatkan Dana Desa dan ADD untuk pemberdayaan masyarakat meskipun jumlah dana yang didapatkan Mekarsari relatif sedikit setiap tahunnya.

Pelaksanaan penerimaan berlangsung di Aula Kantor desa Mekarsari, Selain Kepala Desa ikut hadir juga semua Perangkat Desa Mekarsari. Suasana terlihat sangat akrab dan hangat. dan itulah yang selalu ditunjukkan oleh Pemerintah Desa Mekarsari saat menerima setiap rombongan yang ingin belajar ke Desa Mekarsari. (abs)