Desa Mekarsari Siap Juara Nasional Regional 4 Tahun 2022

  • Oct 27, 2022
  • Admin Desa Mekarsari

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat optimis Desa Mekarsari Kecamatan Narmada menjadi juara pada Lomba Desa Tingkat Nasional tahun 2022. Karena Desa Mekarsari pada lomba desa kali ini merupakan perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Keyakinan kami terhadap Desa Mekarsari untuk menjadi yang terbaik tahun ini tentu sangat beralasan,karena banyak terobosan dan inovasi yang dilakukan di Desa Mekarsari seperti Desa Digital (Dedi), Desa Wisata (Dewi), Dapur Stunting, Kios Adminduk dan Posyandu Keluarga,"ucap Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Lombok Barat H. Ilham, M. Pd saat penerimaan Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Tingkat Nasional yang bertempat di Desa Mekarsari, Senin (24/10/2022).

Disampaikan lebih jauh oleh Pj. Sekda H.Ilham,bahwa lomba desa ini disamping sebagai ajang kompetisi untuk mencari prestasi atau juara,juga bertujuan untuk menilai sejauh mana perkembangan desa berikut capaian pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang sudah dihasilkan serta bagaimana dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat desa. 

"Lomba desa ini juga sebagai sarana identifikasi permasalahan untuk selanjutnya dicarikan solusinya agar desa menjadi semakin mandiri membangun desanya dan semakin kuat menopang pembangunan daerah dan pembangunan negara,"sambungnya.

Mantan Inspektur Inspektorat Lombok Barat ini juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sangat serius membangun desa.Hal ini dikarenakan penguatan pembangunan daerah harus dimulai dari bawah yaitu dari desa.Penguatan pembangunan yang dimaksud yaitu melalui pengkolaborasian antara dua model pembangunan yakni membangun desa oleh pemerintah daerah,dan desa membangun oleh pemerintah desa.

Disamping itu menurut Ilham, indikator pembangunan daerah juga dinilai dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang setiap tahun terus mengalami peningkatan.Demikian juga dengan indikator Pembangunan desa yang dinilai dari Indeks Desa Membangun (IDM).

Berdasarkan data IDM 2022,saat ini tidak ada desa di Kabupaten Lombok Barat yang berstatus desa sangat tertinggal dan Desa tertinggal.Berdasarkan data IDM ini dapat diketahui bahwa tingkat perkembangan desa-desa di Kabupaten Lombok Barat terus tumbuh setiap tahunnya.

Dari 119 desa yang ada di Kabupaten Lombok Barat, sebanyak 55 desa berstatus Desa berkembang, 54 desa berstatus Desa maju dan 10 desa berstatus Desa mandiri.

Keseriusan Pemkab Lombok Barat untuk membangun desa juga dibuktikan dengan raihan prestasi di tingkat nasional.Dimana Kabupaten Lombok Barat tercatat telah dua kali melahirkan Juara I Lomba Desa Tingkat Nasional Regional IV, yang pertama tahun 2017 diraih oleh Desa Lingsar Kecamatan Lingsar dan yang kedua tahun 2019 diraih oleh Desa Suranadi Kecamatan Narmada.

"Oleh karena itu, kali ini juga,dengan keyakinan yang tinggi tradisi prestasi itu akan dilanjutkan oleh Desa Mekarsari pada tahun 2022 ini,"tegas H.Ilham.

Sementara itu,Ketua Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Nasional Ir. Tri Rustiana dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadirannya di Lombok Barat merupakan penilaian yang keempat pada penilaian Lomba Desa atau Kelurahan untuk wilayah regional IV.

"Karena tujuan dari Klarifikasi Lapangan Lomba Desa tingkat Nasional ini untuk melakukan verifikasi guna memastikan data yang dikirim dan hasil pemaparan yang telah disampaikan beberapa waktu lalu kemudian di sesuaikan dengan kondisi di lapangan,"ujar Rustiana.

Salah satu tahapan penilaian lomba desa dan kelurahan ini berdasarkan tingkat klarifikasi lapangan sehingga timnya dari pusat turun ke lapangan untuk menyesuaikan data di lapangan sesuai hasil klarifikasi yang sudah disampaikan pada bulan lalu, dan hasil dari pemaparan kepala desa untuk melihat hasil rill di lapangan.

Kemudian untuk penetapan Lomba desa dan kelurahan nantinya berdasarkan hasil rekapitulasi yang sudah disampaikan termasuk hasil klarifikasi di lapangan.

Untuk juara lomba desa regional empat,direncanakan akan diserahkan minggu keempat bulan November mendatang berdasarkan hasil klarifikasi di lapangan. 

Camat Narmada Muhammad Busyairi mengatakan penilaian Lomba Desa Tingkat Nasional ini merupakan kebanggaan,karena desa-desa di Kecamatan Narmada berturut-turut menjadi juara. 

"Untuk hari ini Desa Mekarsari mewakili Provinsi NTB pada Lomba Desa tingkat Nasional. Kami Pemerintah Kecamatan apresiasi Pemerintah Desa dan masyarakat yang telah membuat inovasi Desa Wisata,  Desa Digital dan dapur stunting, ini tidak lain tujuannya untuk kesejahtraan masyarakat," kata Camat Busyairi. 

Untuk itu, harapnya, desa-desa yang lain agar melanjutkan tradisi juara tidak hanya Desa Suranadi, Mekarsari dan tidak hanya juara Lomba Desa tapi di ajang lomba-lomba yang lain.