Mekarsari Jadi Tujan Study Tiru Kepala Desa & Perangkat Desa se-Kecamatan Kuranji Kabupateh Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

  • Jul 27, 2023
  • Admin Desa Mekarsari

Pada Rabu 26 Juli 2023, Pemerintah Desa Mekarsari dengan menerima kunjungan Study Tiru dari Kepala desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan. Kunjungan itu bertujuan untuk menjalin silahturahmi dan melaksanakan study tiru terhadap Implementasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang ada di Desa Mekarsari, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan penerimaan dan pemaparan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Mekarsari dalam suasana hangat dan diskusi aktif antara ke dua belah pihak. Tim dari Kecamatan Kuranji Kab. Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan disambut hangat oleh Pemerintah Desa Mekarsari. Adapun Rombongan dari Kecamatan Kuranji, Kab Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan yang hadir Camat Kuranji,  Kepala Desa se-kecamatan Kuranji dan Perangkat Desa yang terdiri dari Sekretaris Desa, Kaur & Kasi dari Pemerintah Desa Yang ada di kecamatan Kuranji.

Kunjungan study tiru ini mengangkat tema terkait bagaimana implementasi terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, monitoring, dan juga evaluasi terhadap proses penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Tujuannya untuk memastikan kinerja anggaran dan akuntabilitas semua bidang terlaksana dengan baik.

Dalam diskusi hangat itu, juga membahas terkait peran publikasi dan layanan publik, yang memegang peranan penting dalam mensosialisasikan kinerja Pemerintahan Desa kepada masyarakat maupun pihak internal Pemerintah Desa itu sendiri.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Mekarsari (Sapinah) yang mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahminya, serta Pemerintah Desa Mekarsari siap untuk berbagi praktik baik dan berdiskusi terkait pengelolaan keuangan dan publikasi yang ada di Desa Mekarsari.

Bapak Sapinah menyampaikan bahwa kinerja yang ada dibangun atas dasar komitmen dan rasa kebersamaan. Keterlibatan seluruh unsur mulai dari lapisan Masyarakat, menjadi kunci utama untuk mewujudkan kinerja yang ada. Pemerintah Desa Mekarsari juga terus berupaya melakukan pengembangan, inovasi, dan perbaikan untuk mewujudkan kinerja anggaran dan akuntabilitas Pemerintahan yang lebih baik. Koordinasi dan Komunikasi yang baik juga menjadi hal penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan, koordinasi serta komunikasi dilakukan secara aktif baik pada pihak eksternal , maupun pihak internal (melalui forum rapat koordinasi triwulan, grup sosial media, dan sarana lainnya).

Pada kunjungan studi tiru ini dibahas pula terkait publikasi dan layanan publik, terutama pada pengelolaan media sosial (Instagram dan Facebook) serta website Desa Mekarsari yang menjadi titik point Inovasi Desa. Kali ini, diskusi dipandu oleh Ketua Tim Publikasi dan Layanan Publik Desa Mekarsari (Abdul Satar).

Pada kesempatan ini Abdul Satar menyampaikan terkait bagaimana alur kerja Tim Publikasi dan Layanan Publik, program kerja yang berbasis LKE (Lembar Kerja Evaluasi), tim yang terlibat, serta bagaimana pembagian tugas pada tim tersebut.

"Dibutuhkan koordinasi dan pembagian tugas yang baik untuk menghadirkan layanan publik dan publikasi yang terkini, cepat, tepat tetapi tanpa mengabaikan kualitas layanan yang diberikan. Pemerintah Desa Mekarsari terus berupaya dengan maksimal untuk menyosialisasikan kinerja lembaga kepada masyarakat maupun pihak internal Pemerintah Desa Mekarsari. Selain itu, secara aktif juga menyosialisasikan semua kebijakan dari Pemerintah Desa Mekarsari. Peningkatan kualitas layananpun menjadi target utama yang harus dicapai dalam pengelolan pelayanan publik dan publikasi". tegas Satar saat menyampaiakan paparannya di depan rombongan study tiru.

Di akhir kunjungan, perwakilan Kecamatan Kuranji (Tayono) menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penerimaan pihak Pemerintah Desa Mekarsari yang hangat dan sangat baik. Selain itu, beliau juga berterima kasih atas sharing ilmu dan praktik baik dari Pemerintah Desa Mekarsari terkait pengelolaan anggaran, keuangan, Pengembangan Inovasi Desa serta publikasi dan layanan publik. Harapannya hasil kunjungan ini akan mempererat jalinan silahturahmi yang ada, bermanfaat untuk masing-masing Desa, dan bagi Kecamatan Kuranji akan menjadi inspirasi untuk ke depannya.

Terus berkarya, wujudkan kinerja nyata, dan jalin silahturahmi antar lembaga Desa untuk peningkatan kualitas layanan. (Rocki).